Wisata Pantai Uluwatu, Pecinta Surfing Wajib Kesini!





Apakah kamu suka jalan-jalan ke pantai? Tapi setiap pergi ke Pantai bawaannya suka pusing kalo lagi di tengah keramaian? Pantai Uluwatu bisa jadi alternatif buat kamu yang suka berwisata ke Pantai. Pantai Uluwatu ini termasuk Pantai tersembunyi karena letaknya yang berada dibawah tebing. Cocok banget untuk kamu yang tidak suka suasana keramaian.

Beda dengan pantai-pantai di Bali pada umumnya yang terletak di pinggir jalan raya. Untuk mencapai pantai Uluwatu perlu sedikit perjuangan. Jika dilihat dari Pantai Kuta, jarak Pantai Uluwatu adalah sekitar 25 km ke arah selatan, dan cara datang ke sini adalah dengan menyewa transportasi darat yaitu sepeda motor. Kenapa? Kalau naik sepeda motor kamu bisa menikmati pemandangan di sekitar yang indah.




Untuk mencapai pantai, kamu harus menuruni anak tangga lain yang sempit sepanjang 50 meter. Karena sempit, para turis harus bergantian naik atau turun di anak tangga ini, saat menuju Pantai Uluwatu Uniknya, anak tangga ke Pantai Uluwatu ini jadi semacam terowongan alami karena berada di tengah-tengah dua bukit karang yang cukup tinggi, itulah sebab kenapa pantai ini disebut Pantai Suluban yang berasal dari kata ‘mesulub’ atau berjalan melewati sesuatu di atas kepala manusia.

Pantai Uluwatu, terutama di Suluban dihiasi banyak batu karang di sisinya dan tidak ada batu karang lain di lepas pantai. Ini membuat ombak pantai yang juga terkenal dengan nama Pantai Blue Point ini digemari para turis asing maupun domestik yang menyukai olahraga surfing. Oleh karena itu, Pantai Uluwatu kurang cocok sebagai tempat wisata keluarga karena ombaknya yang terlalu besar dikhawatirkan dapat membahayakan anak-anak. Di samping itu, di Pantai Uluwatu juga belum tersedia fasilitas yang ‘ramah’ turis seperti di pantai-pantai lainnya. Ngomong-ngomong tentang olahraga surfing, kamu bisa mengunjungi website G-Land yang memuat hal seputar dunia surfing, cocok untuk kamu para penggemar surfing!






Bukan hanya pantai yang bisa kamu nikmati keindahannya di Pantai Uluwatu ini. Dengan berkendara sekitar 3 km menuju ke bukit karang yang ada di atas Pantai Uluwatu dan di sana kamu bisa melihat keindahan pantai dari sudut pandang yang lebih menakjubkan.



Di ujung jalan kamu akan menemukan sebuah pura suci yang berdiri di ujung bukit karang yang menjorok ke laut. Pura yang diberi nama Pura Luhur Uluwatu juga lebih populer dengan sebutan Pura Uluwatu yang didirikan oleh Empu Kuturan di abad 11 dan dalam kepercayaan Hindu dianggap sebagai Pura Sad Kayangan, atau penjaga dari 9 mata angin.




Saat berkunjung ke Pura Uluwatu, sebaiknya kamu tidak usah  membawa benda berharga, karena takutnya monyet-monyet liar yang berkeliaran di sekitar pura akan mengambil barang yang kamu bawa. Kalau sedang beruntung, kamu bisa menikmati suguhan Tari Kecak yang fenomenal di Pura Uluwatu, atau mengamati prosesi ibadah umat Hindu yang mungkin belum banyak kamu ketahui. Sebagai pelancong yang baik, hendaknya kamu tetap menjaga ketertiban, supaya umat Hindu yang sedang melaksanakan prosesi persembahyangan tidak terganggu.



Momen paling tepat ke Pura Uluwatu adalah sore hari menjelang jam 4 sore, pada waktu itu kamu bisa melihat matahari terbenam atau sunset. Sunset yang dilihat dari wilayah ini mungkin akan jadi  yang terbaik dari semua sunset yang pernah kamu lihat, dengan latar belakang pura dan Pantai Uluwatu yang sangat indah, kadang dilengkapi pula dengan kera-kera yang ikut ‘memperindah’ sunsetnya.

 



Sekian dari ulasan mengenai Pantai Uluwatu yang terkenal akan keindahannya ini, mumpung lagi musim liburan, yuk kita  jalan-jalan ke Uluwatu ^-^

Sumber: pegipegi.com

Komentar

Postingan Populer