5 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Pergi Mendaki


Mendaki merupakan kegiatan yang menjadi favorit sebagian orang saat ini. Banyak yang mengatakan, jika mendaki akan membuat kita ketagihan. Selain utuk bersenag-senang dan mencari pengalaman, mendaki juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan stamina. Jika kamu tertarik untuk mendaki, maka perhatikanlah kelima hal ini sebelum melakukan pendakian.


1. Mempersiapkan fisik


Hal ini adalah wajib! Mempersiapkan fisik wajib dilakukan minimal 2 minggu sebelum memulai pendakian. Persiapan fisik dapat dilakukan dengan cara sederhana, yaitu jogging setiap harinya. Hal ini akan membantu otot kaki lebih lentur dan tidak mudah kaku. Jika belum melakukan persiapan fisik, kita akan lebih cepat lelah ketika naik dan kaki akan cepat lemas ketika berjalan turun. Jadi ingatlah untuk melakukan latihan fisik sebelum mendaki, ya!


2. Mencari info


Ada baiknya kita mencari tahu informasi seputar gunung yang akan kita daki. Cari tahu juga tentang kondisi cuaca saat pendakian akan di lakukan, waktu tempuh, serta sarana yang ada. Info ini akan sangat berguna untuk memperkirakan apa yang butuh dan tidak butuh untuk di bawa.


3. Membuat checklist perlengkapan.


Setelah memikirkan apa barang yang akan dibawa, sangat penting untuk membuat catatan serta daftar barang bawaan. Ini akan mempermudah kita untuk mengecek barang apakah ada yang sudah siap dan belum siap.


4. Rajin bertanya


Tak ada salahnya untuk sering bertanya pada orang yang sekiranya lebih berpengalaman. Kita bisa menanyakan tentang apa saja yang kurang, apa yang seharusnya dilakukan untuk melengkapi kekurangan itu, atau bisa juga kita meminta mereka untuk berbagi pengalaman mereka saat mendaki ke gunung yang akan kita tuju.


5. Memperbanyak ilmu tak akan membuat rugi


Banyak ilmu-ilmu yang bisa dipelajari sebelum memulai pendakian, mulai dari ilmu survival, pertolongan gawat darurat, navigasi, dll. Ilmu ini memang tidak selalu dipakai, tapi akan sangat penting jika kita membekali diri dengan ilmu tersebut. Ilmu ini akan sangat berguna disaat keadaan darurat, misalnya saat ada kecelakaan kecil, saat tersesat, atau saat kekurangan bahan makanan.


Itulah kelima hal yang perlu diperhatikan ketika akan pergi mendaki. Yang penting dilakukan sebelum mendaki adalah selalu berdoa agar diberikan keselamatan dan aman sampai tujuan.




source: phinemo.com

Komentar

Postingan Populer