Hal Yang Harus Diperhatikan Oleh Diving Pemula


Untuk kamu yang baru pertama kali mencoba untuk diving, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melaksanakannya. Kira-kira apa saja hal tersebut ya? Yuk kita bahas bersama dibawah ini!


1. Wajib mendengarkan arahan dari instruktur.


Sebelum diving, kamu akan diberi arahan terlebih dahulu mengenai diving. Mulai dari cara menggunakan masker oksigen sampai melihat kadar oksigen di dalam tabung. Biasanya pengarahan akan panjang dan berlangsung lama, tapi jangan sekali-kali tidak memperhatikan, karena pengarahan tersebut sangat penting untuk kamu nantinya.


2. Memilih kacamata


Perlengkapan diving yang pas adalah modal utama untuk menjelajah bawah laut. Kacamata renang atau google yang pas sangat penting terutama bagi diver pemula.


3. Jangan menahan nafas

Penting untuk diingat! Kadang, secara tidak sadar kamu menahan sedikit nafas saat menghembuskan udara lewat mulut. Hal itu sangat berbahaya karena bisa menimbulkan kecelakaan pada paru-paru.


4. Hafalkan isyarat tangan

Tentu kamu tidak akan bisa bicara selama berada di dalam air. Maka dari itu, diciptakanlah isyarat sebagai media komunikasi selama di bawah laut. Kenali dan hafalkan baik-baik isyarat tersebut. Salah-salah isyarat, bisa beda artinya.


5. Jangan berjauhan dengan pemandu


Boleh saja menikmati taman laut sendiri atau berjalan lebih lambat/jauh dari pemandu, namun jangan terlalu jauh. Karena kamu pemula, akan lebih riskan terkena masalah dibanding yang sudah profesional. Kecelakaan akan lebih mudah terjadi saat masalah datang dan kamu berada jauh dari pemandu.


Itulah 5 hal yang harus diperhatikan sebelum kamu melakukan diving, ingat! keselamatan yang utama ya!







source: travel.detik.com 

Komentar

Postingan Populer