Surfing di Pantai Balian, Tabanan, Bali


Pulau Bali memang kaya akan pesona tempat wisatanya, mulai dari Pantai Kuta, Pantai Sanur, dan Pantai Pandawa tak habis-habisnya menarik perhatian pengunjung domestik maupun asing untuk mengunjungi tempat itu. Salah satunya adalah Pantai Balian yang terletak di Desa Lalang linggah, Kecamatan Selemadeg Barat, Kabupaten Tabanan, Bali Indonesia. Pantai Balian ini adalah salah satu spot surfing di Bali yang tak kalah terkenalnya, banyak wisatawan domestik maupun wisatawan asing yang datang kemari hanya untuk menikmati bagaimana rasanya surfing di Pantai berpasir hitam ini.

Pantai Balian memiliki pasir berwarna hitam ke abu-abuan. Disekitar Pantai ini juga ditumbuhi pohon kelapa yang tinggi, menambah kesan damai yang diberikan oleh Pantai ini. 

Dulunya, nama Pantai ini bersumber dari nama Sungai yang ada disana. Disana terdapat sebuah sungai yang bernama Sungai Balian, sungai Balian mempunyai 11 anak sungai dan bagi masyarakat setempat sungai ini dianggap suci, maka sampai sekarang masih digunakan untuk penyucian diri (penglukatan).

Air dari sungai Balian langsung menuju ke laut, dan hilir dari sungai Balian ada pada bibir pantai, maka dapat disimpulkan bahwa nama pantai Balian disebutkan adalah karena hilir dari Tukad Balian berada pada bibir pantai, maka sampai sekarang pantai tersebut disebut dan terkenal dengan nama pantai Balian.

Seperti kebanyakan tempat wisata pantai lainnya di Bali, waktu yang terbaik untuk berkunjung ke pantai adalah pada saat sebelum matahari terbit/terbenam, sedangkan untuk di pantai Balian karena terletak di pesisir selatan di Bali barat, maka waktu yang terbaik untuk mengunjunginya adalah pada sore hari menjelang matahari terbenam/sunset. Tetapi jika ingin berselancar untuk merasakan indahnya ombak Pantai balian biasanya di sesuaikan dengan keadaan cuaca, keadaan arus laut serta letak dan tinggi ombak. 


Meskipun Pantai Balian terkenal dengan ombaknya yang indah dan menjadi surga bagi peselancar, tetapi para peselancar harus tetap waspada akan serangan hiu. Kadang-kadang hiu banteng terlihat berenang di sekitar pantai.

Menurut berita, kejadian serangan hiu di perairan Indonesia sangat jarang terjadi, tetapi selama ini serangan hiu hanya terjadi di perairan pantai Balian saja, maka diharapkan bagi para peselancar agar tetap waspada, tidak peduli meskipun peselancar pro ataupun pemula, Keselamatan adalah prioritas utama. 
.
.
.
.
.
Anda ingin melihat galeri surfing? Silahkan kunjungi website G-Land yang menyediakan informasi serta galeri-galeri lengkap seputar selancar.






Sumber : id.baliglory.com

Komentar

Postingan Populer